Selasa, 08 Juni 2010

CARA BELAJAR YANG EFEKTIF

A.Pengertian Belajar
Belajar merupakan suatu perubahan dalam tingkah laku. Perubahan itu dapat mengarah kepada tingkah laku yang lebih baik. tetapi juga ada kemungkinan mengarah kepada tingkah laku yang lebeh buruk. Belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi melalui latihan dan pengalaman. maka hal ini berarti bahwa perubahan yang disebabkan oleh pertumbuhan atau kematangan tidak dianggap sebagai hasil belajar.
Landasan utama dalam keberhasilan belajar adalah kesiapan mental. tanpa adanya kesiapan mental, maka umumnva tidak akan dapat bertahan terhadap berbagai kesukaran yang dihadapi selama belajar Maka sebaiknya pupuklah minat yang besar terhadap setiap mata pelajaran yang diberikan sekolah. Suka atau tidak suka. semua mata pelajaran harus ditempuh jadi sebaiknya belajarlah untuk berminat terhadap setiap mata pelajaran. Sikap membenci mata pelajaran harus dihindarkan. sikap membenci mata pelajaran tidak ada manfaatnya. Sikap yang paling baik adalah dengan bersikap positif dan berusaha menyukai dan berminat terhadap setiap mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.
B. Menghindari Gangguan Belajar yang Mungkin Terjadi.
Banyak cara yang bisa kita lakukakan untuk menghindari gangguan belajar yang mungkin saja terjadi.
Adapun gangguan belajar berasal dari :
1. Gangguan yang berasal dari dalam diri
a. Kemampuan belajar rendah
b. Tidak dapat berkonsentrasi
c. Kebiasaan buruk atau malas
d. Perasaan pesimis, rendah diri
e. Sikap yang negatif terhadap dirinya,lingkungan sekolah keluarga dan masyarakat
f. Fisik yang kurang sehat

2. Gangguan yang berasal dari luar diri
a. Keadaan lingkungan yang kurang tenang,kacau dan kurang tertib
b. Sarana dan prasarana yang kurang lengkap seperti buku-buku, kertas, alat tulis.
c. Meja belajar yang kurang rapi sehingga banyak barang yang berserakan.
d. Pengaruh teman yang kurang baik. Keluarga, guru yang kurang memberikan dorongan.

C. Cara Efektif dalam Menyerap Informasi secara Cepat
1. Dilakukan secara rutin dan berkesinambungan.
2. Membaca keseluruhan terlebih dahulu, baru kemudian mempelajari bagian- bagiannya.
3. Membuat ringkasan.
4. Belajar harus dapat mengambil suatu kesimpulan dan dilakukan dengan penuh perhatian.
5. Dalam belajar 2 x 4 akan baik dan pada 4 X 2 (4 kali belajar selama 2 jam akan lebih baik hasilnya dibandingkan dengan 2 kali belajar selama 4 jam)

D. Cara Belajar secara Efektif
Ulangan umum ini memang dapat membuat stress. Tapi itu dapat diatasi dengan cara belajar elektif. Sudah efektifkah cara belajar anda?
Jika anda:
1. Seminggu mejelang ujian masih ribut meminjam catatan untuk difoto kopi
2. Merasa putus asa melihat tumpukan buku atau catatan yang tidak dipahami isinya.
3. Merasa capek.dan tidak enak badan karean cemas.
4. Tidak mengerti ketika seorang teman mengajak diskusi tentang salah satu mata pelajaran
5. Masih sibuk dengan berbagai kegiatan yang tidak berhubungan dengan belajar.


Jika 3 dari lima pertanyaan diatas anda menjawab ya. maka hal itu menandakan bahwa anda belum memiliki sistem belajar yang efektif maka sebelum terlambat segera lakukan hal berikut ini:
1. Lengkapilah segera cacatan anda.
2. Bereskan meja/kamar belajar agar anda bis berkonsentrasi ketika belajar.
3. Buat jadwal belajar dan target apa yang harus anda pelajari setiap hari.
4. Hentikan sementara semua kegiatan yang tidak ada hubunganya dengan belajar.

E. Metode Belajar yang Baik
1. Usahakan untuk membaca buku pelajaran terlebih dahulu di rumah mengenai mata pelajaran yang akan diterangkan guru di sekolah
2. Bila guru menerangkan di kelas. Konsentrasikan diri dan usahakan untuk dapat menangkap isi keterangan yang diberikan.
3. Buatlah catatan secukupnya atau ringkasan tentang apa-apa yang sudah diterangkan guru.
4. Secara keseluruhan kita membaca dan menghafal dan buku-buku pelajaran. Baik buku-buku paket ataupun buku-buku catatan yang sudah kita buat dengan mendengarkan penjelasan guru seperlunya.
5. Mengerjakan atau menjawab soal-soal pertanyaan-pertanyaan yang biasanya pada setiap akhir bab pada buku paket ada pertanyaan atau soal-soal.
6. Membentuk kelompok belajar. Cara ini sangat penting untuk membahas dan memecahkan soal-soal yang tidak dapat dikerjakan sendirian
7. Setelah dalam belajar kelompok menemui kesukaran. Cobalah tanyakan pada guru. Disinilah peranan dalam belajar kelompok.
8. Bila pulang sekolah. siang atau sore sembari kita tiduran. Melepaskan lelah. Putarlah kembali slide yang direkam dan pelajaran di sekolah. Keterangan guru dari awal sampai akhir pelajaran.
9. Bila belajar sendirian, pilihlah tempat yang menyenangkan bagi kita atau buatlah ruang belajar senyaman mungkin sesuai dengan kesenangan kita, sehingga kita kerasan di temapt belajar.
10. Bila kita letih belajar, sedang yang kita pelajari belum selesai, istirahatlah sebentar dengan menghibur diri dengan hiburan yang paling kita gemari.



DAFTAR RUJUKAN

Departemen Pendidikan Nasional, 2008.Bahan materi BINTEK KTSP SMA……tanpa tahun. Kumpulan Satuan Layanan. Malang: Pemerintah Kota Malang Dinas Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Malang.

Tidak ada komentar: