Minggu, 22 November 2009

Cara bergaul


A. Lingkungan baru
Jadi anak baru di tempat yang sama sekali asing, terkadang memang bisa membuat kita takut dan khawatir. Apalagi kalau kita termasuk tipe pemalu atau pendiam. Sama halnya ketika kita pertama kali masuk di sekolah, sebelumnya kita memiliki banyak teman tapi itu dulu, waktu di SD namun kini ketika masuk di sekolah baru kita harus menyesuaikan diri dengan banyak teman yang memiliki kebiasaan berbeda dengan kita. Yang ditakutkan, kita tidak bisa beradaptasi dan susah mendapatkan teman-teman baru. Atau lebih parahnya lagi, kita akan dijauhi karena dianggap sebagai orang "luar". Tapi begitu kita tahu cara yang tepat untuk menarik perhatian mereka, ternyata tidak susah-susah amat kok untuk menemukan sobat dan teman baru.

B. Mendapatkan teman Baru.
Banyak cara yang bisa kita lakukakan untuk mendapatkan teman baru dan untuk bergabung dalam lingkungan itu, mendapatkan teman dan juga dikenal banyak penghuni sekolah baru kita.
Berikut ini cara bagaimana agar kita bisa mendapatkan teman dan apa saja yang harus kita lakukan :
1. Tahan Malu
Pertama-tama kita harus bisa membuang, atau setidaknya menekan, rasa malu dan takut itu. Soalnya, perasaan malu ini yang membuat kita memilih diam di pojokan, daripada berbaur dengan orang lain. Tapi bukan berarti kita jadi bersikap malu-maluin, ya. Tidak usah grogi duluan, mereka bukan buaya yang bisa memakan kita hidup-hidup. Lagipula, mereka pasti juga penasaran dengan kita, si sosok baru.
2. Move Move!
Kalau cuma duduk diam saja, kapan kita bisa kenalan? Jangan menunggu orang lain untuk menegur kita duluan. Sebagai orang baru, kitalah yang harus aktif untuk beramah tamah dan memperkenalkan diri. Toh, kita juga yang butuh, kan?! Cara menegurnya juga biasa saja, nyantai tapi tetap sopan. Tidak usah terlalu heboh, bisa-bisa mereka ilfeel duluan melihat kelakuan kita yang over.
3. Join the Group
Biasanya bibit-bibit pertemanan itu bersumber dari minat atau hobi yang sama. Nah, kalau kita punya hobi atau keahlian tertentu, coba saja untuk ikutan klub atau ekskul. Aktif dalam kegiatan pramuka yang diadakan di sekolah, bisa bikin nama kita dikenal, lho!. Selain bakat makin berkembang, kita juga jadi lebih nyambung ngobrol dengan orang-orang yang sama bersemangatnya tentang suatu topik.
4. Beri Perhatian
Setelah berhasil kenalan, jangan langsung tidak pedulian. Kita juga harus berusaha untuk bisa lebih dekat sama mereka dan memberi perhatian-perhatian kecil. Misalnya, tersenyum dan menyapa setiap kali berpapasan di koridor kelas, ingat hari ulang tahun dan nama binatang peliharaan mereka, menjenguk saat si teman baru ini jatuh sakit, juga tentunya mengucapkan selamat saat ulang tahunnya. Siapa pun pasti merasa senang karena tahu ada orang yang care enough untuk memberi perhatian kecil ini.
5. Pantang Menyerah
Yah, kita memang tidak bisa mendapatkan teman secepat kilat. Soalnya, butuh usaha, waktu dan kesabaran ekstra. Makanya jangan terburu nyerah duluan begitu dicuekkin. Anggap saja mereka melakukan itu karena memang belum kenal sama kita. Kalau kita tetap bersikap manis dan menunjukan niat baik untuk berteman, nanti mereka akan menyambut dengan tangan terbuka, kok. Tapi kalau mereka terus-terusan menolak persahabatan kita, ya tidak usah memaksakan diri lho.
6. Awas Salah Langkah
Menjalin keakraban dengan teman baru memang penting. Tapi jangan sampai kita ikut-ikutan terlibat pergaulan yang tidak benar.
Misalnya…Coba-coba merokok karena teman-teman baru bilang bahwa cewek merokok = cewek keren! itu sih pemikiran kuno! Jangan mau dibodohi seperti ini.
Mengubah diri jadi orang lain. Misalnya, memaksa agar kita memakai high-heels, padahal mereka tahu kalau kita sayang banget sama sneakers andalan. Teman yang baik itu harus bisa menerima diri kita apa adanya. Jadi kalau kita merasa tidak nyaman untuk berubah, ya tidak usah repot-repot berubah demi mereka.
Meskipun kita anak baru, tapi bukan berarti mereka bisa menginjak-injak kita, tahu. Kalau mereka tidak bisa menghargai kita, jangan ragu-ragu untuk menyingkir dan mencari teman lain yang jauh lebih oke!

Tidak ada komentar: